Apa Penyebab Ketombe

Ketombe pada kulit kepala tak kunjung hilang walaupun Anda rajin keramas? Tentu saja masalah ini cukup mengganggu serta menimbulkan hilangnya rasa percaya diri karena serpihan kulit mati tersebut seringkali mengotori pakaian kita. Untuk mengobatinya secara tuntas sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab terjadinya ketombe ini.

Penyebab munculnya ketombe

Inilah beberapa pemicu ketombe yang tanpa disadari mungkin menjadi penyebab masalah ini kerap mengganggu Anda.

1. Jenis kulit kepala – Percaya atau tidak ada jenis kulit kepala yang rawan sekali mempunyai masalah ketombe. Untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit.

2. Kulit kepala lembab – Bila rambut masih lembab atau setengah kering sehabis keramas, sebaiknya jangan dulu ditutup baik dengan topi, helm, atau hijab. Kondisi yang lembab dan tertutup bisa memicu tumbuhnya jamur pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan gatal yang luar biasa. Jadi, keringkan rambut dengan sempurna sebelum ditutupi.

3. Sisa busa shampoo – Upayakan untuk membilas rambut dan kulit kepala sampai bersih total sehabis keramas. Anda perlu tahu bahwa sisa busa shampoo pada kulit kepala bisa menimbulkan ketombe.

4. Kurang nutrisi – Kurangnya konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B serta zat besi ternyata berpotensi memicu timbulnya ketombe.

5. Terlalu sering keramas – Selain jarang keramas, terlalu sering keramas ternyata juga dapat menyebabkan ketombe. Ini karena kulit kepala kehilangan kelembaban sehingga menjadi kering. Bila demikian sel kulit mati akan mudah terkelupas dan menjadi ketombe.

 

Nah, cukup jelas, bukan? Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda!