Penyebab Munculnya Jerawat

Walaupun masalah jerawat seringkali terjadi pada usia-usia puber atau remaja tetapi faktanya masih banyak orang dewasa yang belum terbebas dari kondisi tersebut. Tak hanya menyerang wajah, jerawat ternyata juga bisa tumbuh pada punggung, bahu, hingga dada. Bila Anda tergolong mereka yang kerap tertimpa masalah ini, berikut ini adalah penyebab umum timbulnya jerawat yang penting untuk diketahui sebagai langkah antisipasi atau pencegahan dari gangguan kulit yang kerap dihubungkan dengan rasa kurang percaya diri ini.

Penyebab terjadinya  jerawat

Inilah pemicu munculnya jerawat bahkan pada usia dewasa:

  1. Faktor keturunan – Bila salah satu orang tua mempunyai jenis kulit yang mudah berjerawat, kecenderungan ini berpotensi diturunkan pada anak-anaknya.
  2. Hormonal – Jerawat juga bisa terjadi karena alasan perubahan hormon, misalnya pada usia puber dari anak-anak menuju remaja, atau menjelang masa menstruasi pada wanita. Perubahan hormon pada masa kehamilan juga kadang menimbulkan tumbuhnya jerawat.
  3. Kebersihan – Jarang membersihkan wajah menyebabkan sel kulit mati, debu, dan sisa makeup menyumbat pori-pori. Jerawat bisa terjadi bila bakteri menginfeksi area tersebut.
  4. Alergi – Beberapa orang bisa terserang jerawat bila mengonsumsi makanan tertentu, hal ini berkaitan dengan kinerja sistem kekebalan tubuh.
  5. Rambut – Kurang menjaga kebersihan rambut ternyata juga bisa memicu jerawat, karena rambut yang kotor dan berminyak yang sering menempel pada wajah, misalnya pada bagian poni, bisa menimbulkan jerawat pada dahi.

Semoga bisa menambah wawasan Anda.